Kamis, 06 Februari 2020

5 Langkah Instal Kamus Besar Bahasa Indonesia Offline

Era digitalisasi telah membawa banyak manfaat bagi dunia pendidikan. Beragam informasi terkait pendidikan sangat mudah diperoleh di era ini. Sumber belajarpun semakin beragam dan sangat mudah didapatkan. Sebagai seorang guru apalagi telah bersertifikat guru profesional tentu harus mampu memanfaatkan semua kemudahan di era digitalisasi ini, untuk pengembangan dirinya sekaligus peningkatan kompetensi siswa yang diajarnya. 

Revolusi industri 4.0 yang dicanangkan di berbagai belahan dunia hendakah mampu memacu semangat perubahan menuju lebih baik. Revolusi industri 4.0 tersebut hendaknya dijadikan tolak ukur dalam meningkatkan kompetensi pendidikan. Selain  itu, semangat kompetisi antar individu yang terjadi sekarang ini,  yang tadinya hanya sebatas suatu wilayah kini telah menjadi kompetisi internasional yang mencakup semua negara di seluruh belahan dunia. Oleh karena itu, sebagai seorang pendidik, guru harus mampu meningkatkan kompetensinya sekaligus kompetensi siswanya dalam menghadapi kompetisi global di era digitalisasi ini. 

Pemanfaatan teknologi khususnya di bidang komunikasi di era sekarang ini tidak dapat kita elakkan. Jangan sampai kita tergerus dan tenggelam kemudian menghilang oleh arus digitalisasi. Kita harus menjadikan arus digitalisasi yang semakin deras ini menjadi jalan bagi kita untuk menuju kesuksesan di masa kini dan masa mendatang.

Berawal dari semua itu, sebagai upaya meningkatan kompetensi guru yang nantinya akan bermuara kepada peningkatan kompetensi siswa, dalam proses pembelajaran di kelas tentu tidak salah bila guru memanfaatkan teknologi khususnya smartphone yang ada dalam genggamannya. Smartphone bisa dijadikan sumber informasi dalam mencari kosakata baku yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia yang sekarang berganti nama menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan kosakata baku kepada siswa, karena terkadang sebagai seorang guru kitapun tidak hafal seluruh kosakata baku yang ada dalam PUEBI. 

Badan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah meluncurkan aplikasi KBBI yang dapat memudahkan masyarakat Indonesia untuk mencari arti kosakata yang belum dipahami artinya. Fitur dalam aplikasi tersebut bisa dibilang sangat bagus, kita bisa mencari arti kata berdasarkan kelas kata, ragam, bahasa, dan bidang, sekaligus dapat menentukan baku atau tidaknya sebuah kata. Yang membuat aplikasi ini semakin asyik, aplikasi ini dapat diakses di luar jaringan (offline), jadi sangat memudahkan untuk wilayah terkendala jaringan internet

Teman-teman tentu sudah penasaran dengan aplikasi ini ☺️☺️☺️. Baiklah sekarang kita akan memasang aplikasi KBBI di smartphone teman-teman.

  1. Unduh aplikasi KBBI Versi 5 di playstore atau klik ==> Aplikasi KBBI
    Install KBBI offline
  2. Ketuk install
    KKBI Luring
  3. Setelah terpasang, buka aplikasi
  4. Ketuk simbol cari (kaca pembesar) untuk mencari kata
  5. Pilih kata, akan muncul arti kata tersebut
Demikianlah semoga bermanfaat, terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar