Minggu, 09 Februari 2020

50 Contoh Soal Ujian SD

Contoh Soal Ujian

50 contoh soal ujian
Pemerintah melalui Kemendikbud telah menerbitkan Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselengarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Dalam permendikbud tersebut, tertulis bahwa bentuk ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dapat berupa: portofolio; penugasan; tes tertulis; dan/atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Dengan terbitnya peraturan tersebut setidaknya membuat guru dan siswa sedikit lega, karena proses assesment yang selama ini didominasi ujian tertulis, kini lebih mengakomodir perbedaan kompetensi siswa. Namun di sisi lain, guru juga diharapkan lebih kreatif dalam mengembangkan berbagai bentuk assesment yang diharapkan dapat menilai perbedaan kompetensi siswa tersebut. Guru tidak boleh memaksakan hanya satu bentuk penilaian kepada siswa. 

Benar jika ada istilah tidak ada siswa yang bodoh, karena setiap siswa punya kompetensi yang mungkin berbeda dengan siswa lainnya. Hanya saja selama ini fokus penilaian hanya pada satu bentuk yakni penilaian tertulis. Apakah dengan begitu penilaian tertulis menjadi tidak penting? Tentu saja hal tersebut salah. Ujian tertulis penting, sama pentingnya dengan bentuk-bentuk penilaian lain, yang hendaknya dilaksanakan sesuai dengan tempatnya. Kuncinya adalah guru harus terampil dalam mengembangkan penilaian di kelasnya.

Sebagai panduan dalam melaksanakan penilaian di satuan pendidikan, Kemendikbud telah menyusun panduan penilaian yang terdiri dari empat buku, yaitu: panduan penilaian tertulis, panduan penilaian kinerja, panduan penilaian portofolio, dan panduan penilaian HOTS. Bagi teman-teman yang belum sempat membaca panduan-panduan tersebut bisa membacanya di postingan admin sebelumnya, tentang Panduan Penilaian dan Kisi-Kisi Ujian Sekolah 2020. Dengan panduan tersebut walaupun satuan pendidikan diberi kebebasan dalam mengembangkan penilaian, diharapkan ada standar dalam melaksanakan penilaian di satuan pendidikan. 

Ujian sekolah dasar sebentar lagi akan dilaksanakan. Tentunya butuh persiapan dalam melaksanakannya, agar hasil yang diperoleh maksimal. Pelaksanaan ujian sekolah sebenarnya merupakan proses panjang dari sebuah penilaian, bukan hanya penilaian yang dilakukan di kelas 6 atau di semester 2. Ujian sekolah merupakan tolak ukur keberhasilan satuan pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran selama ini. Oleh sebab itu, semua komponen yang terlibat di dalam ujian sekolah, hendaknya mempersiapkan diri dengan sematang mungkin.

Sebagai upaya mempersiapkan diri dalam melaksanakan ujian sekolah, admin akan coba membagikan contoh-contoh soal ujian tertulis yang diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam menghadapi ujian sekolah. Soal-soal yang admin bagikan ini bukanlah soal ujian yang akan muncul saat ujian nanti. Dengan soal-soal ini, admin berharap siswa dapat berlatih di rumah atau di sekolah, sehingga siswa lebih terampil dalam menjawab soal-soal yang diujikan nantinya.

Contoh soal yang akan admin bagikan dalam format zip terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Untuk dapat membuka file tersebut teman-teman harus mengekstraknya dulu.
Cara ekstrak file zip di komputer:
  1. Cari file zip yang akan diekstrak
    Ekstrak zip Roli berbagi
  2. Klik kanan pada file, pilih ekstrak here
  3. File akan otomatis terekstrak ke folder yang sama dengan folder zip berada
Baiklah sekarang saatnya kita mengunduh file soalnya,
35 Contoh Soal Ujian SD : UNDUH
40 Contoh Soal Ujian SD : UNDUH
45 Contoh Soal Ujian SD : UNDUH
50 Contoh Soal Ujian SD : UNDUH

Sebelum halaman ini ditutup, scroll (geser) ke atas, baca cara ekstra file zip.

Demikianlah contoh soal ujian yang kami bagikan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman.

Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar